Selasa, 15 November 2011

Rangkuman E-Business


RANGKUMAN E- BUSSINESS

                Sebelum akses internet merupakan hal yang umum dan mudah di dapat, organisasi- organisasi memiliki pilihan untuk memilih kapan dan bagaimana untuk ikut serta dalam e-business. Pada waktu itu, e-business merupakan sumber yang potensial dari keunggulan kompetitif, tetapi kini hal tersebut tidak lagi benar. Saat ini, bagi organisasi dalam berbagai indusri, ikut serta dalam e-business bukan lagi merupakan pilihan, tetapi suatu kebutuhan. Ada beberapa macam-macam model dan karakteristik dari e-business:
  • B2C (Business to Consumer)

·         Antara organisasi dengan perorangan
·         Nilai uang yang dilibatkan lebih kecil
·         Transaksi satu-waktu atau transaksi tidak sering terjadi
·         Secara relatif dan sederhana
  • B2B (Business to Business) , B2G (Business to Goverment), B2E (Business to Education)

·         Antar-Organisasi
·         Nilai uang yang di libatkan lebih besar
·         Hubungan yang kuat dan berkelanjutan
·         Pemberian kredit oleh penjual ke pelanggan
·         Lebih kompleks
Adapun pengaruh dari e-business atas proses bisnis yaitu melibatkan pemakaian teknologi komunikasi dan jaringan, daripada hanya dokumen kertas, untuk bertukar informasi. Dalam e-business ada protokol standar untuk secara elektronik mentransfer informasi antar organisasi serta dalam berbagai proses bisnis yang dinamakan EDI ( Elektronik Data Interchange). Dengan meniadakan kebutuhan untuk secara manual memasukkan kembali data, EDI meningkatkan tingkat akurasi dan mengurangi biaya melalui penurunan waktu dan pengeluaran yang berhubungan dengan pengiriman dokumen, proses dokumen, dan penyimpanan dokumen kertas. Sistem EDI yang berdiri sendiri tidak hanya gagal, merealisasikan seluruh potensi penghematan biaya dan peningkatan akurasi tetapi juga gagal memaksimalkan pelayanan pada pelanggan. Adapun perkembangan baru atau fasilitator dari EDI yaitu internet dan XML yang merupakan satu set standar yang menetapkan isi suatu data daam webpage. Perbaikan lebih jauh dari XML, yaitu ebXML, menetapkan standar untuk mengkodekan dokumen umum perusahaan seperti faktor penjualan, pengiriman uang dan pesansn pembelian. EDI tradisional cukup mahal.  Perkembangan baru telah menghilangkan kendala-kendala biaya yaitu : The Internet: Eliminates the need for special proprietary third-party networks. XML: Extensible Markup Language – Set of standards for defining the content of data on Web pages. ebXML:  Defines standards for coding common business documents, Meniadakan kebutuhan atas software khusus untuk menerjemahkan dokumen yang dibuat oleh perusahaan yang berbeda .


Pengaruh e-business atas aktivitas-aktivitas business Rantai Nilai
Rantai Nilai-Aktivitas Utama dan E-Business Opportunity
·         Inbound logistics
Akuisisi produk yang didigitalkan
 pengurangan persediaan peyangga
·         Operations
Produk yang lebih cepat, lebih akurat

·         Outbound logistics
Distribusi produk yang dapat didigitalkan
 Pelacakan status berkelanjutan

·         Sales and Marketing
Peningkatan pelayanan ke pelanggan
 Pengurangan biaya iklan
 Periklanan yang lebih efektif

·         Post-sale Support and Service
Mengurangi biaya
 Ketersediaan pelayanan 24/7

Adapun OPERASI INTERNAL, SUMBER DAYA MANUSIA, DAN INFRASTRUKTUR  yaitu Teknologi komunikasi tingkat lanjut dapat secara signifikan meningkatkan Efisiensi operasi internal, perencanaan, Efisiensi dan efektifitas aktivitas pendukung sumber daya manusia dalam rantai nilai, Efisiensi perhitungan akuntansi dalam hal pembayaran dari para pelanggan. Selain itu faktor-faktor yang mendukung keberhasilan e-business adanya penjualan dan pemasaran yaitu contohnya Perusahaan dan menciptakan katalog elektronik di website mereka untuk mengotomatisasikan input pesanan penjualan, Secara signifikan mengurangi jumlah staf, Efektifitas periklanan dan mengurangi biayanya.
Jadi kesimpulan pada e-business yaitu E-Business merujuk pada seluruh penggunaan tingkat lanjut dalam teknologi Informasi yaitu melibatkan pemakaian teknologi komunikasi dan jaringan. Dan Jenis-jenis e-business yaitu B2C, B2B, B2G dan B2E. Adanya EDI, Internet dan komunikasi nirkabel tingkat lanjut mengurangi biaya dan meningkatkan kecepatan dan akurasi proses bisnis yang dijalankan .

Rabu, 02 November 2011

TINJAUAN MENYELURUH PROSES BISNIS

1.Di bioskop, ada seorang pegawai yang biasanya bertanggungjawab untuk memberikan karcis dan menerima uang, sementara pegawai lainnya mengumpulkan karcis saat penonton memasuki bioskop. Apa alasan kegiatan ini?

JAWAB: Alasan kegiatan ini yaitu adanya pembagian tugas dalam suatu pekerjaan di suatu perusahaan dimana setiap tugas dilakukan oleh satu pegawai. Hal ini disebabkan dengan pembagian tanggung jawab ke beberapa pegawai atas bagian-bagian dari sebuah transaksi. Dimana setiap pegawai ada yang bertanggung jawab untuk menerima uang agar tidak terjadi kehilangan atau salah dalam pencatatan. Pegawai yang bertanggung jawab memberikan karcis agar terorganisir dgn baik. Serta pegawai lainnya bertanggung jawab mengumpulkan karcis supaya dapat terorganisir dengan baik sehingga tidak terjadi kesalahan pada saat penempatan tempat duduk.

2.Banyak restoran yang menggunakan nota pesanan pelanggan yang telah diberi nomor terlebih dahulu. Setiap pelayan diberikan nota ini untuk menulis pesanan pelanggan. Pelayan diberitahukan untuk tidak membuang satupun nota pelanggan tersebut. Apabila terjadi kesalahan, mereka harus membatalkan nota tersebut dan menulis yang baru. Setiap hari, seluruh nota yang dibatalkan akan dikembalikan ke manajer. Bagaimanakah cara kebijakan ini dapat membantu restoran untuk mengendalikan penerimaan kasnya?

JAWAB: Pada permasalahaan ini manager mengumpulkan dan memproses nota yang di batalkan agar dapat terorganisasi secara efisien dan efektif. Selain itu memastikan bahwa nota di catat dan diproses secara akurat dan untuk melindungi pencatatan penerimaan kasnya. Dan juga setiap nota di haruskan menulis nomor di dalam nota agar tidak terjadi kesalahan.

3.Sebutkan siklus-siklus transaksi bisnis yang terjadi pada umumnya pada suatu organisasi. Dan tuliskan kegiatan bisnis yang umum dan dokumen sumber yang dihasilkan pada masing-masing siklus transaksi tersebut !

JAWAB: