Jumat, 29 Oktober 2010

Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik

Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik

ABSTRAKSI

Perdagangan melalu jaringan elektronik ini dimaksudkan untuk memudahkan perusahaan dalam meraih keuntungan atau mendapatkan customer dengan berbagai cara melalui jaringan elektronik. Pada jaringan elektronik ini artinya selain perusahaan, kita juga dapat mempergunakan jaringan ini untuk melakukan perdagangan secara meluas. Jaringan elektronik bermacam-macam seperti melalui mobile phone atau melalui aplikasi yg sudah tersedia contohnya seperti kaskus.com, bursa jual-beli dll. Jadi untuk melakukan perdagangan melalui jaringan internet bukan hanya dilakukan pada perusahaan-perusahaan tertentu saja. Perdagangan melalui jaringan elektronik juga dapat disebut sebagai transaksi bisnis yang menggunakan akses jaringan, sistem berbasis komputer, dan jaringan internet secara meluas dan dapat digunakan oleh siapa saja. Selain itu juga ada beberapa kendala dan manfaat dari perdagangan melauli jaringan elektronik.

PENDAHULUAN

Pada perdagangan melalui jaringan elektronik sebagai penggunaan komputer untuk memudahkan semua operasi perusahaan. Banyak perusahaan itu bersifat internal, dilakukan dalam perusahaan oleh bidang fungsional, keuangan, manufaktur, pemasaran, SDM dan jasa informasi. Beberapa opersai lain mencangkup hubungan perusahaan dengan elemen lingkungan. Sumber daya manusia memiliki perhatian khusus pada masyarakat global dan serikat buruh. Jasa informasi berhubungan dengan pemasok perangkat keras dan perangkat lunak. Jasa informasi memainkan peranan yang berubah dan menentukan dalam hubungannya dengan lingkungan. Dan Pelayanan pelanggan melalui teknologi informasi menjadi semakin penting.

PEMBAHASAN
Ada beberapa bagian perdagangan melalui jaringan elektronik :
1. Sambungan Langsung, perusahaan dapat membentuk jaringan komunikasi data dengan para mitra dagangnya dengan menggunakan sirkuit yang disediakan oleh penyedia telekomunikasi umum.
2. Jaringan bernilai tambah, disediakan oleh penjual yang bukan hanya menyediakan sikuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
3. Internet, memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan.
Manfaat dari perdagangan melalui jaringan elektronik :
• Pelayanan pelanggan yang lebih baik
• Hubungan dengan pemsok dan masyarakat keuangan yang lebih baik
• Pengembalian atas investasi pemegang saham, dan pemilik yang meningkat
Kendala dari perdagangan melalui jaringan elektronik :
• Biaya Tinggi
• Masalah Keamanan
• Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia
Jalan menuju perdagangan melalui jaringan elektronik
• Mengumpulkan intelijen bisnis
• Membentuk suatu sistem antar-organisasi (IOS)
SISTEM ANTAR ORGANISASI ( IOS )
Adalah suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai satu sistem tunggal; yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS disebut mitra dagang atau mitra bisnis.
Manfaat IOS terbagi dalam dua kategori :
1. Efisiensi Komparatif :
- Efisiensi Internal
- Efisiensi antar-organisasi

2. Kekuatan Tawar Menawar
- Keistimewaan produk yang unik
- Penurunan biaya yang berhubungan dengan pencarian
- Peningkatan biaya peralihan

PERTUKARAN DATA ELEKTRONIK (EDI)
Adalah transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca mesin secara langsung dari komputer ke komputer diantara beberapa perusahaan.
- Hubungan EDI yang Umum
Membentuk kaitan antara perusahaan dan pemasoknya (supply side) dan kaitan antara perusahaan dengan pelanggan (customer side).
EDI memungkinkan terjadinya Pengisian Kembali Persediaan oleh Penjual dan Transfer Dana secara Elektronik.



TINGKAT PENERAPAN EDI
1. Pemakai tk. 1 , hanya 1 atau 2 set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.
2. Pemakai tk. 2 , banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah besar mitra dagang.
3. Pemakai tk. 3, bukan cuma set transaksi yang ditransmisikanke banyak mitra dagang, tetapi aplikasi komputer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.

Manfaat pertukaran data elektronik (EDI)
Manfaat Langsung : manfaat yang berasal dari teknologi
Manfaat Tidak Langsung adalah manfaat lain yang dihasilkan dari manfaat langsung.
Hubungan manfaat langsung dan tidak langsung :
- Mengurangi Kesalahan.
- Mengurangi biaya.
- Meningkatkan efisiensi operasional.
- Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang.
- Meningkatkan pelayanan pelanggan.

KESIMPULAN
Perdagangan melalui jaringan elektronik sebenarnya dapat dilakukan dengan banyak cara. Namun harus tetap memperhatikan kendala dan jalan yang harus dipilih untuk menuju perdagangan melalui jaringan elektronik yg baik. Karena tidak semua jalan dan aplikasi yang di guakan dapat berjalan baik. Selain itu banyak manfaat yang dapat diraih dengan menggunakan perdagangan melalui jaringan elektronik ini pada setiap aplikasi yang digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar