Sabtu, 21 November 2009

studi kasus

STUDI KASUS DALAM BIDANG HIBURAN

studi kasus merupakan pengujian secara rinci terhadap satu latar atau satu orang subjek atau satu tempat penyimpanan dokumen atau satu peristiwa tertentu. Studi kasus yang akan di bahas adalah mengenai komputer dalam bidang hiburan. Komputer adalah sebuah alat perangkat yang digunakan oleh seluruh masyarakat sebagai alat bantu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dalam bidang apa saja. Begitu juga sama hal-nya dengan komputer dalam bidang hiburan. komputer dalam bidang hiburanpun seperti permainan sangat membantu dalam menjalankan suatu proses permainan tersebut. Karena semua permainan di kontrol oleh komputer. Contohnya seperti hiburan permainan di dunia fantasi. Permainan dalam dunia fantasi banyak yang mengoperasikan permainannya dengan menggunakan komputer. Jika tidak ada komputer maka permainan tersebut tidak bias di jalankan hanya dengan menggunakan listrik. Guna komputer itu sendiri untuk permainan sebagai alat kontrol untuk mengendalikan permainan tersebut jalan atau tidak. Jika komputer ada yang mati atau rusak, maka permainan tidak akan bias di jalankan.
Studi kasus : Pada dunia hiburan, semua alat bantu termasuk komputer-pun ikut andil dalam pemrosesan permainan tersebut. Contohnya pada permainan Roller Coaster di dunia fantasi ancol, menggunakkan komputer sebagai alat Bantu untuk mengoperasikan atau menjalankan permainan tersebut. Apabila terjadi kerusakan pada komputer tersebut, permainan tidak bisa di jalankan. Seperti pada saat permainan dijalankan, tiba-tiba komputer mati atau terkena virus , Trojan, atau worm . Permainan Roller Coaster tersebut akan berhenti dan tidak bisa dijalankan. Hal tersebut di karenakan di dalam komputer terkena virus dan mengakibatkan permainan tersebut tidak bisa di gunakan sampai komputer hidup kembali.
Cara penyelesaian : Untuk cara penyelesaian virus dalam komputer, sebelumnya komputer yang akan di nyalahkan untuk pengoperasian perminan tersebut harusnya di cek terlebih dulu. Melakukan pengamanan yang dapat menjauhkan komputer dari serangan virus. Pada dasarnya mencegah kerusakan system, file dan data tidak perlu campur tangan antivirus dan firewall atau manual..

Pertama-tama definisi dan bagaimana virus, trojan, worm dan sejenisnya bisa masuk ke dalam sistem komputer .

1. Virus sebenarnya lain dengan trojan atau worm, tapi pada prakteknya penyebarannya virus banyak di maanfaatkan oleh program worm dan trojan. Trojan adalah sebuah program yang dapat dijalankan (biasanya ber-ekstension EXE) oleh pengguna komputer dan ketika program tersebut dijalankan, akan merubah sesuatu dari sistem komputer (pada umumnya registri windows yang diubah). kalau virus itu residen di memori dan dia akan merubah file yang biasanya ber-ekstension EXE atau COM dan kadang-kadang file tersebut menjadi rusak. Kalau worm (cacing) merupakan program kecil yang berupa script yang bisa nempel di mana saja, bahkan dapat menempel di html file (file website).
Program antivirus pada umumnya menggabungkan semua worm dan trojan dalam kategori VIRUS, mungkin di beri kode virusnya contoh yang worm di beri kode W depannya baru nama worm tersebut (contoh: w32/sober) dan akan menggangapnya sama karena semua itu merusak sistem file komputer. Intinya virus bisa berupa atau berfungsi seperti trojan/worm dan sebaliknya juga, apalagi kalau file tersebut telah ter-infeksi, otomatis akan menjadi file trojan/worm juga, karena kalau membukanya akan meng-infeksi file-file lainnya.

2. Penyebaran virus dulunya hanya bisa melalui media luar seperti disktet, tapi di jaman ini virus pada umumnya memanfaatkan teknologi internet untuk menyebar luas. Cara masuknya memanfaatkan kelemahan dari sistem browser.

cara mengatasi virus antara lain:
1. Jangan membuka atau menerima file yang di dapat dari siapapun yang tidak di kenal.
2. Kalau ingin browser ke situs yang tidak di kenal, matikan program java & java script. Matikan juga fitur install auto atau install on demand supaya program yang berisi virus tidak akan masuk secara otomatis ke komputer .
3. Kalau membuka disket, CD, DVD, USB drive dan media luar apapun bentuknya, scan dahulu dengan program antivirus untuk memastikan itu benar-benar aman.

1. Virus pada umumnya akan merusak dan memperlambat proses kerja komputer. Untuk menghindari kerusakan yang ditimbulkan virus, anda harus punya cadangan penyimpanan data atau file system. Untuk itulah backup system & data sangat diperlukan, mugkin para maintence tidak akan mengetahui virus di masa yang akan datang akan secanggih apa dan efek kerusakan yang ditimbulkan sejauh apa. cara backup pada winXp dan winme dengan create restore point dahulu di program> accesories> system tools> system restore, win98 bisa pakai Microsoft Backup dengan membackup folder windows semuanya. Khusus untuk data, Winxp dan winme juga harus menggunakan Microsoft Backup, karena system restore tidak 100% mengembalikan data.
Kalau anda seandainya para maintence tidak ingin menggunakkan yang manual, winxp dan winme sudah otomatis melakukannya setiap mematikan komputer, Untuk win98 satu-satunya cara hanya memakai program system schedule windows atau program lainnya yang berfungsi sebagai otomatis backup, ketika komputer lagi idle. tapi untuk pastinya, winxp dan winme juga harus memakai program tersebut supaya bila terjadi apa-apa, anda tinggal me-restore kembali. Bila komputer hari ini terkena virus, tinggal restore system sebelumnya atau yang kemarin.

2. Cara ini adalah untuk mencegah virus merusak file system kita yang biasanya berakhiran EXE, dan Sebelum melakukan hal ini, harus terlebih dahulu membackup system windows (baca keterangan no 1 di atas), karena takut melakukan kesalahan yang dapat berakibat fatal terhadap system. A maintence harus mempunyai dasar Windows untuk melakukan ini, kalau tidak, akan bingung dan kesulitan untuk memahaminya.
caranya hanya merubah attribut dari file EXE menjadi READ ONLY hanya bisa dibaca, tidak bisa ditulis. caranya bisa menggunakan SEARCH dari windows, kemudian cari semua program yang ber-ektenstion EXE (search key-nya *.exe) di folder windows. Setelah itu blok semua program yang tampil (atau tekan ctrl+a) terus klik kanan pilih properties. Setelah itu pilih READ-ONLY di bagian bawah kotak pilihan atributes. sama saja dengan cara di atas. contoh: c:\windows>attrib +r *.exe

Hal ini akan mencegah virus untuk merubah atau merusak file-file tersebut, karena pilihan tadi mematikan fitur untuk merubah file-file tersebut. Kalau ingin lebih yakin virus bisa mendeteksi hal tersebut, anda bisa tambahkan pilihan HIDDEN (menyembunyikan file tersebut) di sebelah kanan dari READ ONLY. Dengan kedua pilihan tersebut virus-virus pada umumnya tidak akan dapat menginfeksi file tersebut. Kalau ingin menampakan file HIDDEN ketika membuka folder di komputer , dapat memilih "show all hidden files" di "folder option".

para maintence bisa melakukan hal di atas ke semua folder komputer, kalau merasa hal ini perlu dilakukan, atau mungkin dilakukan juga ke file lain yang bukan ber-ekstensi EXE atau COM. Cara ini adalah cara yang paling efektif . Satu hal yang penting diketahui, kalau ingin melakukan penghapusan atau perubahaan ataupun sering meng-update file yang ber-ekstensi EXE tersebut, harus ingat untuk membuka proteksi read-only atau hidden tersebut. Kalau tidak file tersebut tidak akan bisa dihapus atau diupdate, dan akan muncul pesan error.

Ini adalah salah satu cara untuk memproteksi file, cara lainnya dan cara Untuk mengetahui cara virus merusak/merubah file
Cara untuk mencengah serangan virus dan worm pada komputer :
1. Selalu lakukan Scan terhadap disket,cd,atau flasdisk yang masuk ke dalam PC.
hal ini dapat membantu melindungi komputer dari virus yang ditularkan melalui perilaku tukar menukar disket atau flashdisk. Jika sebuah PC terinfeksi oleh virus, maka flashdisk yang dimasukkan kedalamnya, kemungkinan besar akan terinfeksi juga. karena itu, jangan sembarangan membuka disket atau flashdisk milik siapapun pada komputer, sebelum disket itu lolos seleksi scandisk. Jika ternyata program scandisk dapat mendeteksi keberadaan virus tetapi tidak dapat menyembuhkannya, jangan memaksa untuk membuka file pada disket tersebut. ini juga bisa menjadi semacam warning agar segera melengkapi komputer dengan penangkal virus.

2. Scan juga CD yang masuk kedalam CD drive.
Meski tampaknya lebih eksklusif dan aman, tetapi CD ternyata juga memiliki potensi yang sama seperti disket, dalam menularkan virus. Karena itu, tetap lakukan scan terhadap sebuah CD yang akan dipasang pada komputer

3. Lakukan scan terhadap harddisk
tiap kali akan mulai bekerja unutk mengoperasikan sebuah permainan, PC juga harus selalu dipantau apakah masih sehat atau telah terinfeksi oleh virus. dengan melakukan scan terhadap harddisk sebelum memulai suatu pekerjaan, dapat mengurangi resiko gangguan yang diakibatkan oleh virus selama proses kerja permainan. Selain itu, juga memperkecil peluang terjadinya kerusakan pada file.


4. Proteksi prangkat keras(flashdisk) jika memasukkannya ke dalam PC orang lain.
Seperti telah disebutkan diatas, jika terpaksa harus memasukkan flasdisk ke dalam komputer orang lain, maka flasdisk perlu diproteksi terlebih dahulu. Konsekuensinya,tidak dapat melakukan perubahan terhadap file yang tersimpan dalam isi flasdisk tersebut.

5. Memasang dan selalu meng-update program antivirus pada komputer.
para maintence permainan roller coaster harus cepat mengupdate program antivirus. Karena Program antivirus itu memiliki masa kadaluarsa .Karena itu, para maintence harus selalu meng-update program antivirus. karena program antivirus yang sudah expired, tidak akan punya penahani lagi untuk menahan serangan virus pada komputer .

6. Selalu mengikuti perkembangan berita terbaru tentang virus.
Selain memiliki masa kadaluarsa, program antivirus ini juga selalu mengalami update sehubungan dengan virus-virus baru yang terus di-release. Para ahli harus terus menerus melakukan pengembangan untuk menandingi pencipta virus yang juga berlomba-lomba menciptakan virus yang lebih ganas dari hari ke hari. Karena itu para maintence harus rajin mengikuti berita tentang perkembangan virus yang terbaru. Setelah itu, dapat mencari di internet perusahaan antivirus terbaru yang telah meng-update produknya untuk mengantisipasi serangan virus baru tersebut.

7. Men-download Microsoft Outlook Security Patch ke dalam sistem komputer.
Sebagaimana diketahui, tidak ada program software yang sempurna. Maksudnya, pasti ada bug atau titik lemah di dalam software itu. demikian juga halnya yang terjadi dengan aplikasi Microsoft Outlook Express. Karena itu, dengan men-download Microsoft Outlook Security Patch ke dalam sistem komputer, berarti telah menanggulangi bug yang ada pada program ini. Berkat bantuan program kecil ini, kinerja dari "satpam" Microsoft Outlook Express menjadi lebih maksimal dalam menjaga komputer, dari virus atau worm yang menyerang dengan memanfaatkan address book Microsoft Outlook express.

8. Menonaktifkan Windows Scripting Host.
Sebagaimana diketahui, banyak virus dan worm baru yang dikembangkan dengan visual basic scripting di bawah sistem windows. Untuk memperkecil serangan, sebaiknya menonaktifkan program yang berfungsi untuk mengotomatisasi suatu fungsi. Namun demikian, perlu diingat bahwa tidak semua virus berbahasa VBS dapat ditahan dengan menonaktifkan program ini.

Untuk itu para ahli pada dunia hiburan terutama untuk maintence roller coaster harus cepat tanggap dalam menjalankan suatu komputer. Tidak sembarangan orang yang dapat mengembalikan sistem komputer yang rusak pada permainan. Para maintence harus cepat mengupdate antivirus untuk mencegah adanya virus pada komputer unuk menjalankan suatu permainan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar